MANFAAT KUNJUNGAN INDUSTRI

8 Mei 2012 at 1:57 am Tinggalkan komentar

Ada pertanyaan menggelitik hati saya kenapa Pak Ardan bikin sebuah catatan? Pertanyaan yang bagus dan kritis. Terus terang saya terinspirasi oleh Pak menteri Dahlan Iskan ketika jadi Dirut PLN dengan CEO Notenya dan kebetulan kumpulan CEO Note itu sudah saya baca. Sebagai ketua jurusan saya wajib menyampaikan visi dan misi saya mengembangkan jurusan kepada semua pihak baik itu temen-temen guru, siswa, alumni, dan orang tua murid. Dengan visi dan misi yang saya jabarkan untuk pengembangan jurusan diharapkan banyak tanggapan dan saran yang masuk sehingga dapat memperkaya khasanah keilmuan untuk mengembangkan jurusan ini menjadi lebih baik. Dan yang lebih penting saya pingin menularkan kebiasaan menulis saya kepada temen-temen guru dan murid-murid. Goal akhirnya adalah terbentuknya komunitas ilmiah di lingkungan jurusan Multimedia.
Setelah kemarin saya membahas tentang tugas siswa, pada kesempatan ini saya ingin membahas kunjungan industri baik untuk kelas X dan kelas XI. Sesuai dengan SOP yang diberikan sekolah bahwa kunjungan industri adalah sarana untuk memperkaya khasanah keilmuan guru, siswa dan sekolah. Sekali saya tekankan guru, siswa dan sekolah. Jadi kunjungan industri tidak hanya piknik semata, tetapi yang lebih penting adalah dengan kunjungan itu guru, siswa dan sekolah memperoleh manfaat keilmuan yang bisa dikembangkan lagi. Soal piknik itu sampingan dari kegiatan ini.
Berdasarkan konsep itu maka jurusan berupaya membuat kunjungan betul-betul memberi makna. Makna untuk saat itu dan saat mendatang. Ketika jurusan MM melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Desain Visi di Yogyakarta, kita dapat oleh-oleh ilmu berharga yaitu pembuatan film Stop Motion. Ilmu ini kemudian kita kembangkan dan dimasukkan ke dalam kurikulum multimedia. Dari awalnya kita tidak bisa bahkan tidak tahu apa itu film Stop Motion, berkat kunjungan guru dan siswa bersama-sama membuat film Stop Motion.
Kunjungan kita ke Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta juga sarat makna. Disana kita belajar membuat sebuah acara Televisi dan Teknik Pencahayaan. Anak dan guru terlibat dalam praktek menggunakan peralatan dengan arahan instruktur dari ISI. Hasil dari materi itu kemudian kita kembangkan di sekolah dan masuk dalam kurikulum. Siswa mendapatkan materi Editing Video dan Teknik Pencahayaan.
Tahun kemarin jurusan melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Dian Nuswantoro. Materi yang dipelajari dari kunjungan ini adalah membuat film animasi 2D menggunakan Flash. Di Udinus siswa diajarkan cara menggambarkan menggunakan Pen Tablet, sebuah alat gambar yang langsung terkoneksi dengan komputer. Jika sebelumnya kita ajarkan murid untuk menggambar manual dan dipindah ke komputer menggunakan scanner, maka sekarang tidak perlu pakai scanner lagi. Untuk mewujudkan hal itu tahun ini jurusan merintisnya dengan membeli alat itu sebanyak 5 buah. Pelan-pelan nanti akan kita penuhi karena keterbatasan anggaran dan mahalnya alat Pen Tablet itu.
Bagaimana tahun ini, kunjungan industri kelas XI MM kembali kita berkunjung ke ISI Suarakarta. Jika anak-anak MM sekarang belajar Teknik Pencahayaan dengan alat terbatas maka disana kita akan meminjam peralatan yang lebih lengkap dan menyewa studio pertunjukkan punya ISI. Di sana anak bisa praktek dengan peralatan yang canggih (alat yang tidak mampu kita beli) dan merekam menggunakan kamera yang juga lebih bagus dibanding punya sendiri. Tujuan minimal adalah anak pernah pegang alat tersebut sehingga ketika terjun di industri setelah lulus mereka tidak kaget.
Untuk anak kelas X MM mereka akan berkunjung ke AKAKOM Yogyakarta untuk belajar materi Intranet TV adalah salah satu layanan laboratorium terpadu STMIK AKAKOM di mana pengguna dapat menikmati siaran TV/ video yang dibroadcast oleh TV/ video server dan diakses melalui web browser atau membuat film animasi 3 D dengan software baru Blender tergantung nego kita dengan mereka.
Jadi intinya  jurusan harus bisa menjadikan kunjungan industri menjadi sarana untuk menambah ilmu dan mengembangkan jurusan tidak sekedar hanya melihat-lihat tanpa pegang alat. Selamat mengikuti kunjungan industri.

About these ads

Entry filed under: Pendidikan. Tags: , , , , .

MEMAKNAI TUGAS SEKOLAH Pembelajaran Kimia Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


PESAN WEBMASTER

Blog ini saya buat karena kecintaan saya pada pengembangan ilmu sehingga menggunakan media blog ini, curahan hati saya dapat dibaca oleh banyak orang di banyak negara. Terima kasih atas partisipasi Anda dalam pengembangan Blog ini. Saya sangat senang atas sambutan para pengunjung. Demi kemajuan blog ini, saya memohon pengunjung bersedia memberikan komentar baik pada tampilan blog maupun pada desainnya. Terima kasih, semoga pendidikan Indonesia semakin maju. Amin

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 3.444 pengikut lainnya.

Blog Stats

  • 1,026,809 hits

WAKTU SEKARANG

YANG LAGI ONLINE

web stats

PENGUNJUNG

Mei 2012
S S R K J S M
« Des   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

User Online

Google Pagerank Checker

GEOVISITE

Add to Technorati Favorites
Indonesia To Blog -Top Site


Yuk.Ngeblog.web.id
eLearning Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Arsip

Flickr Photos

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.444 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: