MENGAPA PESAWAT BISA TERBANG

3 Juni 2008 at 1:58 am 24 komentar

Sumber : http://www.wikipedia.org

Ada 4 gaya yang bekerja pada pesawat udara selama penerbangan yaitu Gaya angkat ( LIFT) atau gaya keatas, Gaya berat ( WEIGHT ) atau gaya kebawah, selanjutnya Gaya maju ( THRUST ) serta Gaya kebelakang ( DRAG ). Dua gaya berikut dapat mudah dipahami. Gaya berat ( WEIGHT ) bekerja menarik benda kembali ke bumi, sebagai contoh apabila kita melemparkan batu ke atas maka akan jatuh. Selanjutnya apabila kita mengendarai sepeda, maka terasa hambatan dari depan.
Perhatikan gambar berikut :

Sumber : Federasi Aerosport Indonesia Aeromodelling

Gaya lain yang bekerja pada pesawat selama diudara yaitu LIFT dan THRUST yang keduanya merupakan kunci untuk penerbangan. Gaya-gaya tersebut oleh para perancang pesawat diperhitungkan untuk mengatasi DRAG dan WEIGHT. Gaya angkat ( LIFT ) dihasilkan oleh permukaan sayap yang dirancang agar tekanan udara diatas permukaan lebih kecil dari bagiah bawah. Gaya-gaya lain yang bekerja untuk menjaga agar pesawat tetap berada di udara yaitu THRUST. Gaya ini menarik pesawat kearah depan, biasanya gaya ini diperoleh dari putaran baling-baling ( PROPELLER ) mesin atau dorongan mesin jet. Gaya maju ( THRUST ) dan gaya angkat ( LIFT ) akan bekerja bersamaan untuk menarik pesawat kearah depan dan meninggalkan darat.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.republika.co.id
http://www.indonesian-aerospace.com
http://www.aeromodelling.or.id
http://www.wikipedia.org

About these ads

Entry filed under: Teknologi. Tags: .

SEJARAH PEMBUATAN PESAWAT TERBANG SMK LEBIH MENJANJIKAN MASA DEPAN DI BANDING SMA

24 Komentar Add your own

  • 1. HARTI  |  10 November 2008 pukul 1:17 am

    pak tugas kkpi yg ke-2

    Balas
  • 2. Kemal  |  9 April 2009 pukul 4:25 pm

    Kalo rumus lift apa?tolong jelasin donk..

    Balas
    • 3. Defri Halim  |  22 Mei 2009 pukul 11:58 am

      klo ga salah 1/2xmassa jenisxcoefisien of liftxSxV kuadrat

      Balas
  • 4. Sekolah Pramuagri  |  10 April 2009 pukul 3:13 am

    Selamat Siang pak…
    MAaf baru berkunjung…
    Foto dan Link sudah di ADD nih pak,
    Di Link balik ya Pak… :)

    Balas
  • 5. don's  |  19 Desember 2009 pukul 2:12 pm

    is good

    Balas
  • 6. iponx  |  29 Januari 2010 pukul 3:55 am

    WOW….. Keren banget penjelasan tentang bagaimana kapal bisa terbang……..! Kalau Helikopter bagaimana pak..? apakah perhitungannya lebih kepada daya dorong ke atas?

    Balas
  • 7. khokom  |  3 Agustus 2010 pukul 5:06 pm

    kurang menjelaskan. jelasin dgn hukum fisika, newton ataupun bernoulli,or dsb. Tulis juga rumusnya.serta pemakaiannya biar mudah di fahami. Aku sendiri, jujur tidak faham atas apa itu lift, thrust,dsb yg terkesan cuman bwat fantasy anak2 SD yg gak bisa berfikir. apa emang bwat anak SD? berarti aku salah masuk..

    Balas
    • 8. mario  |  16 Desember 2010 pukul 10:23 am

      sampean sebenarnya sdh tau kan…?

      Balas
    • 9. Anonymous  |  4 Juni 2011 pukul 2:38 am

      sya kabogo bunga

      Balas
  • 10. Putria  |  6 Agustus 2010 pukul 11:20 am

    @defri halim:
    abng alumni SMK PNB angkasa ya?

    Balas
  • 11. rio  |  1 November 2010 pukul 5:13 am

    tolong jelasin lebih rinci……!

    Balas
  • 12. deden ramdani  |  7 November 2010 pukul 7:08 am

    bang kan pesawat bsa terbang karna ada 4gya..??
    GAYA ,trusht,drag,lift,weight,,
    ..gaya lift lbih bsar dri gya weight dan
    gya trusht lbih bsar dri gya drag,maka psawat itu akan bsa terbang ke atas dan maju
    ,,klau misal kan dri psawat yg menggunakan PROPELLER gmana bang..??

    Balas
  • 13. mario  |  16 Desember 2010 pukul 10:22 am

    sepertinya yang komentar ada yang lebih paham yaa… tentang rumus dan faktor detail yang menyebabkan pesawat bisa melayang di udara…

    Balas
  • 14. kevin syam harira  |  8 Februari 2011 pukul 12:00 pm

    penjelasanya jelas dan tepat saya jadi tahu trima kasih atas pemberitahuanya.lumayan nambah ilmu.

    Balas
  • 15. Anonymous  |  12 Februari 2011 pukul 4:09 am

    kalo perhitungan desain baling-baling pesawat spt apa y…desain sy g ada yng bs memberikan dronngan lebih k dpan

    Balas
  • 16. Defri Halim  |  31 Maret 2011 pukul 4:49 am

    @putria : iya…

    Balas
  • 17. Adi mulyono  |  9 Mei 2011 pukul 2:12 pm

    Makasih infonya ya pak..

    Balas
  • 18. Anonymous  |  20 Juni 2011 pukul 7:28 am

    pengen tau lebih banyak lah pak…….

    Balas
    • 19. sudi  |  17 September 2013 pukul 12:12 pm

      bisa di lihat web smart cockpit mks

      Balas
  • 20. dina  |  20 Juni 2011 pukul 7:29 am

    pengen tau lebih banyak lah pak…..

    Balas
  • 21. Gugun wibisana  |  21 Juni 2011 pukul 1:40 pm

    Ijin ko paste om..

    Balas
  • 22. nikhamogolo zagoto  |  25 Juni 2011 pukul 7:26 am

    Kalau boleh berilah penjelasan yang lebih memungkinkan ……………………….penjelasan yang diatas itu hanya memberitahukan gayanya aja.tapi cara membuatnya ini sekarang yang susah……………….

    Balas
  • 24. Maxgrosir  |  10 Maret 2014 pukul 4:01 am

    mungkin karena mengambil konsep capung sehingga ada keseimbanagn diantara kedua sayapnya. :D

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


PESAN WEBMASTER

Blog ini saya buat karena kecintaan saya pada pengembangan ilmu sehingga menggunakan media blog ini, curahan hati saya dapat dibaca oleh banyak orang di banyak negara. Terima kasih atas partisipasi Anda dalam pengembangan Blog ini. Saya sangat senang atas sambutan para pengunjung. Demi kemajuan blog ini, saya memohon pengunjung bersedia memberikan komentar baik pada tampilan blog maupun pada desainnya. Terima kasih, semoga pendidikan Indonesia semakin maju. Amin

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 3.444 pengikut lainnya.

Blog Stats

  • 1,030,139 hits

WAKTU SEKARANG

YANG LAGI ONLINE

web stats

PENGUNJUNG

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

User Online

Google Pagerank Checker

GEOVISITE

Add to Technorati Favorites
Indonesia To Blog -Top Site


Yuk.Ngeblog.web.id
eLearning Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Arsip

Flickr Photos

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.444 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: