PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PEMBUATAN FILM

21 Mei 2008 at 9:57 am 18 komentar

Lingkungan hidup di Indonesia masih merupakan masalah yang krusial. Hal ini dapat kita saksikan setiap hari seperti kegiatan dan perilaku masyarakat dan industri yang menghasilkan sampah, limbah cair, dan emisi terhadap lingkungan. Selain itu terjadi pemanfaatan sumberdaya alam yang cenderung bersifat eksploitasi, yang menguntungkan bagi beberapa kelompok masyarakat tertentu saja. Di sisi lain juga terjadi masalah kesenjangan sosial pada masyarakat antara kelompok kaya (elit) dan kelompok miskin (kumuh) terjadi disebabkan rendahnya kompetensi sumberdaya manusia baik pengetahuan, sikap, dan perilaku terhadap pengelolaan lingkungannya masih kurang.

Kondisi yang terjadi seperti tersebut di atas merupakan persoalan penting yang harus diselesaikan dan bila hal ini terjadi secara terus-menerus maka lingkungan akan menjadi rusak dan pada akhirnya akan berdampak juga pada kehidupan manusia.
Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan salah satu alternatif solusi yang efektif (waktu) dan efisien (biaya) dalam menyelesaikan permasalahan tersebut di atas. Namun dalam pelaksanaannya PLH di Indonesia selama ini juga belum memberikan pengaruh positif terhadap kesadaran dan perilaku masyarakat dalam melakukan tindakan yang menguntungkan bagi lingkungan dan masyarakat. Sistem implementasi kebijakan PLH untuk pendidikan formal, non formal, dan informal yang meliputi kelembagaan, SDM, sarana, anggaran, materi, komunikasi/ informasi, peran serta stakeholder, metode pelaksanaan, dan sebagainya belum memiliki suatu struktur yang utuh dan saling mendukung. (Parus, 2004 : 1).
Beberapa unsur seperti pemerintah, swasta (Dunia Usaha /Dunia Indistri (DU/DI)), Lembaga Swadaya Masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat telah mencoba dan berbuat untuk kegiatan PLH, tapi semua unsur tersebut belum dapat memberikan hasil yang memuaskan atau menyadarkan masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan lingkungannya. Hal ini disebabkan oleh masing-masing stakeholders atau setiap unsur masih melakukan kegiatan yang bersifat parsial (sendiri-sendiri) dan mengukur keberhasilan menurut ukurannya masing-masing. Ini merupakan suatu kondisi yang tidak kondusif bagi masyarakat Indonesia, yang pada akhirnya hanya menghabiskan dana, waktu, tenaga, yang pada akhirnya kurang menghasilkan kinerja perbaikan terhadap lingkungan Indonesia.
Penyelesaian permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan dan pembinaan pada pendidikan formal (pendidikan dasar, menengah, dan tinggi), non formal (lingkungan masyarakat), dan informal (rumah tangga) yang melibatkan unsur pusat dan daerah. Menangani pendidikan dan pembinaan pada ketiga bentuk pendidikan tersebut memerlukan kebijakan, program dan pendanaan, partisipasi dan kerjasama semua pihak untuk menyelesaikan masalah lingkungan di Indonesia. Pendidikan Lingkungan Hidup ini penting dilakukan oleh daerah karena memiliki beberapa keuntungan atau manfaat. Adapun keuntungan atau manfaat yang dapat diperoleh yaitu :

  1. Menyiapkan sumberdaya manusia dalam mencapai Pembangunan Berkelanjutan
  2. Menyelesaikan masalah issue lingkungan global, nasional, dan lokal
  3. Menghemat Sumberdaya Alam dan biaya pemulihan lingkungan
  4. Meningkatkan kesehatan/ harapan hidup masyarakat
  5. Menunjang program pemerintah/ masyarakat seperti gerakan bersih pantai dan laut, gerakan nasional rehabilitasi hutan dan lahan, program langit biru, program kali bersih , dll
    Memberikan peluang harapan hidup generasi yang lebih baik. (Parus, 2004 : 2).

Pendidikan Lingkungan Hidup adalah suatu mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum Sekolah Menengah dan terintegrasi dalam mata pelajaran IPA. Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di dalamnya terdapat pokok bahasan Kimia Lingkungan. Pokok bahasan Kimia Lingkungan ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan sikap peserta didik dalam menjaga lingkungan hidup. Pembelajaran yang dilakukan selama ini adalah pemberian materi dengan metode ceramah dan melaksanakan kebersihan lingkungan dengan bekerja bakti. Dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, siswa cenderung tidak tertarik untuk menerima materi. Hal ini terlihat dari sikap mereka yang tidak mendengarkan guru memberikan materi di kelas dan berbicara dengan teman sebangkunya. Dalam kegiatan kebersihan lingkungan para siswa merasa terpaksa karena takut dengan gurunya. Hal ini terlihat dari keengganan mereka melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan. Ketika ada guru mereka bekerja bakti sementara ketika gurunya pergi untuk mengecek kelompok lain mereka berhenti bekerja bakti dan bergerombol mengobrol dengan temannya. Kondisi ini menyebabkan tujuan pembelajarannya tidak tercapai menyangkut pengetahuan dan sikap mereka dalam menjaga lingkungan. Pembelajaran akan tercapai jika peserta didik senang dengan mata pelajaran yang dipelajari. Untuk itu peneliti mencoba memberikan satu inovasi pembelajaran yang membuat siswa senang dengan mata pelajaran IPA pokok bahasan Kimia Lingkungan. Inovasi pembelajaran yang peneliti lakukan adalah dengan memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat film tentang kerusakan lingkungan di sekitar mereka dengan menggunakan Handycam.
Inovasi pembelajaran ini sepengetahuan peneliti belum pernah dilakukan oleh orang lain. Pembelajaran Kimia Lingkungan yang selama ini sering dilakukan oleh guru antara lain :

  1. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengkliping surat kabar berkaitan dengan kerusakan lingkungan
  2. Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat makalah tentang kerusakan lingkungan
    Guru menayangkan film kerusakan lingkungan dari film yang dibuat orang lain dan setting film dari berbagai tempat
  3. Guru bersama siswa mengadakan kunjungan ke pabrik atau instansi pemerintah untuk belajar sistem pengolahan limbah

Inovasi pembelajaran yang peneliti lakukan sangat menarik dengan alasan:

  1. Siswa terlibat langsung dalam pembelajaran.
    Menurut Kerucut Pengalaman dari Edgar Dale, belajar dengan melakukan mempunyai tingkat keberhasilan 90%. Oleh karena itu, inovasi pembelajaran yang peneliti lakukan sangat membantu siswa dalam mempelajari materi Kimia Lingkungan karena mereka terlibat mulai dari penerimaan materi kimia lingkungan, teknik pengambilan gambar menggunakan Handycam, membuat naskah untuk narasi film dan mengedit film di komputer.
  2. Setting film tentang kerusakan di lingkungan berada di sekitar siswa
    Hal ini sangat membantu membentuk sikap mereka agar peduli dengan lingkungan karena kerusakan lingkungan itu ada di sekitar mereka dan berdampak langsung pada mereka.
  3. Siswa mendapatkan materi teknik membuat film
    Materi ini dapat digunakan siswa sebagai bekal mereka dalam bekerja. Hal ini dikarenakan teknik membuat film menggunakan handycam sekarang ini menjadi bisnis yang menguntungkan.
  4. Siswa bekerja dalam kelompok
    Hal ini menjadi pelajaran yang berarti bagi mereka untuk bekal bersosialisasi di masyarakat dan di dunia kerjaDAFTAR PUSTAKA

    Parus, dkk. 2004. Konsep PLH pada Dikdasmen sebagai suatu gagasan. Disampaikan dalam TOT PKLH Dikdasmen tanggal 27 september – 3 Oktober 2004 di PPPG Kejuruan Jakarta.

    Purba, Michael. 1995. Ilmu Kimia Untuk SMU Kelas 2. Jakarta : Penerbit Erlangga.

    Sutresna, Nana. 1988. Kimia SMA Kelas 3. Bandung : Ganeca Exact.

    Tim Penulis Kimia. 1995. Kimia Kelas 2 SMU. Bandung : Remaja Rosda Karya.

    Tim Penyusun Kimia. 2003. Kimia Kelas 2 SMU. Klaten : Intan Pariwara.

    Tim Redaksi. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

About these ads

Entry filed under: Lingkungan. Tags: , , .

PERKEMBANGAN KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI MENCETAK SISWA SMK SIAP PAKAI

18 Komentar Add your own

  • 1. Restamina  |  6 Juni 2008 pukul 4:16 am

    Dengan rasa hormat,
    Saya sebagai mahasiswi UNIMED, nemohondengan sangat kepada saudara agar sudi memberikan atau mengirimkan keEmail saya sebuah artikel tentang lingkungan hidup.sebelum dan sesadahnya saya ucapkan terimakasih.
    from: Resatamina
    ——————————————————————————————
    Ardan Sirodjuddin berkata :
    Silahkan anda download aja materi lingkungan di blog ini dengan mengklik kanan judul materi kemudian save target us dan simpan di komputer panjenengan. Selamat mencoba semoga tugas anda sukses. Matur nuwun

    Balas
  • 2. sri wahyuni  |  11 Juli 2008 pukul 9:27 am

    saya seorang guru baru yang mendapat tugas mengajar muatan lokal PLH,dimana saya bisa dapat materi selain yang ada dalam silabus?nuwun

    Balas
  • 3. Ardan Sirodjuddin  |  14 Juli 2008 pukul 5:09 am

    Panjenengan browsing aja di internet pakai Google, banyak sekali materi yang akan panjenengan dapat. Matur nuwun

    Balas
  • 4. dyah  |  24 Juli 2008 pukul 6:13 am

    bagus blognya…salut…
    memang lingkungan hidup adalah PR kita bersama, tanggung jawab kita semua
    kewajiban kita untuk membina generasi muda yg sadar peduli lingkungan hidup

    Saya teringat pada salah satu firman Allah swt ” telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia…” (QS. Ar Rum : 41)

    sangat miris mengetahui sifat manusia yang serakah, rakus, dan tamak, seperti tergambar dalam ungkapan ini…
    “the earth can satisfy our needs but it can’t satisfy our greeds”

    smoga dgn artikel-artikel lingkungan hidup & adanya kurikulum PLH dapat mengobati dengan segera & menyembuhkan bumi yg terluka & menangis pedih karena kesewenang-wenangan kita

    salam sukses

    Balas
  • 5. ardansirodjuddin  |  24 Juli 2008 pukul 6:21 am

    Terima kasih Mbak Dyah atas komentarnya. Jangan lupa isi polingnya

    Balas
  • 6. bonia  |  25 Agustus 2008 pukul 8:33 am

    gimana caranya kalo kita ingin mendapatkan film-film tentang lingkungan, saya sangat membutuhkannya karena saya bekerja sebagai trainer yang biasanya hanya menggunakan slide-slide presentase

    Balas
  • 7. ardansirodjuddin  |  26 Agustus 2008 pukul 7:41 am

    Coba aja cari di http://www.youtube.com atau http://www.beoscope.com. Jika anda ingin film sesuai dengan keinginan sendiri, kenapa tidak buat aja sendiri. Panjenengan bisa ambil gambar menggunakan handycam atau kamera digital, kemudian dicapture ke komputer dan diedit menggunakan windows movie maker atau ulead video studio 9. Silahkan panjenengan baca tutorialnya di blog ini. Matur nuwun

    Balas
  • 8. Hendra A. Setyawan  |  16 April 2009 pukul 5:32 am

    Pendidikan Lingkungan Hidup harus ditujukan pada semua pihak baik pemerintah, aparat hukum, pendidik dll. Agar kesadartahuan mengenai lingkungan hidup dapat tercapai dengan baik. Karena satu hal yang menjadi kendala dinegara kita adalah kurangnya kesadaran dan mentalitas yang ada harus dirubah, ini yang menjadi biang krisisnya. Salam buat anda semoga tiada henti dalam memperjuangkan lingkungan hidup semoga amal ibadah anda dibalas oleh Allah, Amin. Trims

    Balas
  • 9. Neneng Nina Herlina  |  29 Juni 2009 pukul 2:39 am

    Sekolah tempat saya mengajar masih sangat kurang acuan tentang materi2 PLH, dengan membaca beberapa tulisan dalam blog anda, saya memperoleh banyak informasi. Saya juga mendownload beberapa tulisan. Makasih ya ! Saya juga salut pada anda, kalau guru semua sekreatif anda, kita sudah seibu kali lebih maju dalam pendidikan.

    Balas
  • 10. agungsmile  |  27 Juli 2009 pukul 8:15 am

    Mas, idenya saya contek yah….

    Balas
  • 11. NARU  |  28 Oktober 2009 pukul 9:35 am

    saya memohon kepada seluruh warga indonnesia agar tetap selalu menjaga kelestarian LH yang ada di seluruh dunia agar LH kita tidak rusak , dan saya memohon kepada para petani agar tidak menebang hutan sembarangan untuk dijadikan lahan baru dan juga pada para pengusaha agar tidak menebang hutan sembarangan tanpa memperhatikan sistim tebang pilih. ATAS PERHATIANNYA KAMI UCAPKAN BANYAK2 TERIMAKASIH……………………………………………………………………………………………..

    Balas
  • 12. yuni  |  29 Oktober 2009 pukul 7:53 am

    gambarya kurang jelas,warnanya kurana terang n terlalu ribet tolong di perbaiki………!!!!!chip choy…..,,,,,,,,!!!!!????????

    Balas
  • 13. Nurul Iman Rajaby  |  25 Mei 2010 pukul 5:13 am

    Assalamualaikum.
    Saya pengajar PLH di lingkungan SMK.
    sebelumnya saya mohon maaf kalau ingin bertanya dan meminta sesuatu untuk kemajuan PLH. yaitu :
    1. Maaf, Saya ingin buku elektronik yang dari dinas propinsi, agar mengajar dengan mudah.
    2. Minta kirimkan contoh yang banyak video tentang lingkungan hidup untuk menarik minat belajar anak.
    3. minta kiat – kiat agar anak menarik dengan PLH dan peduli terhadap lingkungan.
    mohon di balas dan ditunggu jawabanya.
    Mohon maaf sesudah dan sebelumnya.
    terima kasih.

    Balas
  • 14. arjun imam  |  11 Juli 2011 pukul 8:17 am

    trims ya mas model permainanya….. bagus banget…. tapi akan lebih bagus kalo di videokan, maklum mas ni otak pentium 1/ alias tulalit.

    Balas
  • 15. ATON  |  26 Maret 2012 pukul 12:29 pm

    jelek sekali weak , males mbacanya

    Balas
  • 16. ATON  |  26 Maret 2012 pukul 12:31 pm

    Blog ini jelek amat isinya ,diganti woy

    Balas
  • 17. yuyu  |  27 Maret 2012 pukul 11:42 pm

    its very good

    Balas
  • 18. apa'n sh ine mh gaje...!! tuh  |  20 April 2014 pukul 12:46 am

    Klo mnurt gw th !!
    ine gaje thu ..

    GAJE Pake bgt hahaha

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


PESAN WEBMASTER

Blog ini saya buat karena kecintaan saya pada pengembangan ilmu sehingga menggunakan media blog ini, curahan hati saya dapat dibaca oleh banyak orang di banyak negara. Terima kasih atas partisipasi Anda dalam pengembangan Blog ini. Saya sangat senang atas sambutan para pengunjung. Demi kemajuan blog ini, saya memohon pengunjung bersedia memberikan komentar baik pada tampilan blog maupun pada desainnya. Terima kasih, semoga pendidikan Indonesia semakin maju. Amin

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 3.444 pengikut lainnya.

Blog Stats

  • 1,039,513 hits

WAKTU SEKARANG

YANG LAGI ONLINE

web stats

PENGUNJUNG

Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

User Online

Google Pagerank Checker

GEOVISITE

Add to Technorati Favorites
Indonesia To Blog -Top Site


Yuk.Ngeblog.web.id
eLearning Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Arsip

Flickr Photos

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.444 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: